Pemasaran Sembako Skala Kecil

Tanya : 
Saya memasarkan sembako kecil-kecilan, di pinggir jalan tetapi jarang ada yang beli. Padahal orang lalu lalang di samping pedagang gorengan. Mohon solusinya. Terima kasih, 

Jawab : 
Bisnis sembako memang punya peluang tapi karena banyaknya penjual, maka diperlukan ketekunan dan cara menjual yang benar agar orang tertarik untuk membeli di toko Anda. Jika lokasi yang Anda miliki sudah bagus maka yang harus Anda lakukan adalah menjual dengan cara yang tepat dan menarik. 

Berikut beberapa saran : 

Harga yang bersaing. Karena produk yang Anda jual adalah bahan pokok, maka Anda harus benar-benar memperhatikan harga jual. Jangan sampai harga Anda terlalu mahal dibandingkan dengan penjual lain. Selalu memperhatikan pergerakan harga di pasar. Jika tidak punya harga yang bersaing maka akan sulit bagi Anda untuk menjual. 

Promosi Penjualan. Buat program promosi pada hari-hari tertentu. Misalnya : setiap hari Senin – berikan bonus kecap untuk pembelian 10 kg beras, hari selasa – bonus bumbu masak untuk pembelian 2 kg gula atau bonus-bonus lainnya yang mapu menarik pembeli. Anda harus menghitung dengan jeli agar tidak rugi dan tetap mendapatkan keuntungan. Carilah bonus yang budget-nya masih memungkinkan. 

Pertahankan Pembeli. Factor keberhasilan usaha Anda sangat tergantung dari banyaknya pembeli. Untuk itu jika ada pembeli yang sudah pernah berbelanja, maka Anda harus berusaha mempertahankannya agar selanjutnya tetap mau membeli di toko Anda. Caranya antara lain dengan memberikan harga yang bersaing, kualitas produk yang baik, dan pelayanan yang memuaskan (service excellence). Anda harus senantiasa memberikan salam dan senyum kepada semua pembeli. Jangan bertindak tidak ramah. Ajaklah mereka berkomunikasi agar terjalin hubungan yang makin baik. Dengan cara tersebut berarti Anda telah berusaha untuk mempertahankan pembeli. 

Pengantaran Sembako. Sediakan layanan antar bagi pembeli yang berbelanja sembako dalam jumlah yang cukup banyak. Jangan menarik biaya tambahan agar pembeli merasa senang karena merasa dibantu. 

Berikan Minuman Gratis. Untuk semua pembeli, sediakan minuman gratis. Anda hanya cukup menyediakan dispenser air dan gelas. Tawarkan kepada semua pembeli untuk minum. Pembeli pasti akan merasa senang dengan tambahan layanan ini. 

Selamat mencoba 
Pengamat Marketing DK Consulting

Back to Top